8 Dec 2015

12 Tanda Anda Mempunyai Mindset Seorang Entrepreneur


Bagaimana anda mendeskripsikan seorang entrepreneur? Optimis? Passionate? Berdedikasi? Memang beberapa kata tersebut dapat di aplikasikan namun yang lebih akurat adalah ketidakamanan dan pembuat masalah. Apakah hal itu menggambarkan anda? Jika iya berarti anda mungkin merupakan seorang entrepreneur…

Berikut beberapa tanda bahwa anda memiliki mindset untuk sebagai seorang entrepreneur:

1. Tak Hanya Mengandalkan Konsep, Anda Melakukan Aksi
Pemilik Corcoran Group di Amerika berkata bahwa orang yang memiliki konsep namun tidak melakukan aksi nyata maka mereka hanya akan menghabiskan waktu untuk menulis rencana di meja kerja saja dan pada kenyataanya mereka akan melakukan over analisis dan sibuk untuk mempertimbangkan resiko-resiko dan ketakutan-ketakutan mereka daripada melakukan suatu aksi. Maka lakukanlah aksi dan tidak hanya konsep.

2. Anda Takut dan Merasa Tidak Aman
Banyak entrepreneur menge-judge bahwa ambisi merupakan ketidakamanan. Ketika mnegevalusi suatu investasi pada usaha anda maka yang dibutuhkan adalah orang-orang yang akan takut akan mati karena mereka yang gugup dengan kegagalan mereka maka mereka akan memiliki tingkat fokus yang tinggi dan akan melakukan apapun untuk sukses. Jika anda merasa tidak aman maka gunakan emosi tersebut ke arah yang positif untuk mendorong usaha anda menuju goal dari bisnis anda.

3. Anda Pandai dan Banyak Akal
Beberapa entrepreneur akan memiliki banyak akal. Mereka tidak memiliki sumber daya yang mereka butuhkan namun mereka akan mengupayakan segala hal untuk membuat segala apa yang ia ingin wujudkan dapat berjalan dengan baik. Menjadi entrepreneur bukan tentang memiliki sumber daya namun tentang menjadi pandai dan banyak akal untuk menjadikan apa yang anda punya menjadi berguna.

4. Anda Memilih Uang Cash daripada surat berharga.
Untuk menggaji karyawan kemungkinan anda akan menggaji karyawan anda dan bagaimana jika anda sedang tidak memiliki uang cash untuk membayar gaji karyawan anda? Maka anda akan tetap membutuhkan uang cash daripada credit card dan lain sebagainya.

5. Anda Berani Melangkah Tanpa Ragu
Entrepreneur sejati merupakan mereka yang sering untuk meminta maaf daripada meminta ijin. Mereka akan melihat kesempatan yang akan mereka kenali. Sehingga ketika entrepreseur memiliki karyawan maka mereka berharap agar ada permasalahan yang dihadapi bagi karyawan mereka. Karena dari itulah mereka akan mencari berbagai peluang untuk memajukan diri mereka dan perusahaan tempat mereka bekerja.

6. Anda Bukan Penakut
Ketika kebanyakan orang menhindari resiko maka seorang entrepreneur akan melihat sesuatu yang potensial. Mereka tidak akan takut untuk menggunakan rumah mereka dan memakai kartu kredit mereka untuk membuat bisnis mereka menjadi lebih maju. Mereka optimis karena mereka percaya bahwa investasi mereka akan terbayarkan.

7. Anda Terbuka Untuk Perubahan
Jika anda hanya menerima pendapat dari pikiran anda sendiri maka kesempatan anda untuk memperluas pemikiran anda akan semakin sempit. Ketika anda ingin mendengarkan maka klien anda akan memberikan hal-hal mengenai produk dan pelayanan anda.

8. Anda Menyukai Tantangan
Ketika menghadapi masalah maka karyawan akan nerusaha untuk melewatinya namun entrepreneur akan berusaha untuk mencari kesempatan. Tantangan memotivasi mereka untuk bekerja lebih keras. Mereka melihat perbedaan sebagai kesempatan untuk terus maju.

9. Anda menganggap diri anda orang luar
Entrepreneur tidak selalu diterima, namun itu bukan merupakan sesuatu yang buruk. Mereka memang sering ditolak karena berbeda pada beberapa hal dan hal itulah yang akan membuat mereka bekerja lebih keras lagi.

10. Anda Cepat Bangkit dari Kegagalan
Banyak ditemukan bahwa entrepreneur gagal dengan capat atau sering gagal. Jika anda gagal maka anda akan merasa bersalah pada diri anda sendiri namun jangan terjebak semakin dalam setelah itu bangunlah dan berpikir besarlah untuk tetap melangkah ke depan.

11. Anda Adalah Pendengar yang Baik
Merupakan hal yang penting bagi anda untuk mengelilingi diri anda dengan orang-orang yang lebih pintar dari anda dan juga untuk mendengarkan ide-ide mereka. Karena dengan itu anda akan mengetahui bahwa menjadi sukses berarti anda harus memelihara komunikasi, kolaborasi dan terkadang, kegagalan.

12. Anda fokus pada hal penting.
Entrepreneur akan jatuh dan bangkit lagi ketika mereka telah menemukan titik terang. Ketika anda melaunching sebuah produk maka daripada anda mencoba untuk menghitung berapa jumlah tantangan potensial yang tak terhingga, fokuskanlah tim anda pada satu tantangan terbesar yang paling penting pada bisnis anda untuk dipecahkan.

19 komentar:

  1. keren gan... aku banget ni gan.. hahhaa

    ReplyDelete
  2. Gue bgt itu gan,, tp yg nmr enam nggak kurang cerdas kalau menurut saya menggunakan kartu kredit atau rumah sebagai jaminan,,, ambil resiko itu perlu tp kalau bisa yg resiko kecil tp keuntungan besar

    ReplyDelete
    Replies
    1. no 6 menurut saya klo orang nya udah try try and try berkali" dan sudah yakin dg ap yg dy akan lakukan,, good luck aja dah hehe ,, semangat gan

      Delete
  3. wah ane banget nih mantap haha...

    ReplyDelete
  4. Jika bisa diperingkas intinya berani mengambil resiko, gt y gan

    ReplyDelete
  5. Siip gan,,, makin percaya diri setelah baca artikel agan,,

    ReplyDelete
  6. sip gan mantap artikel ente bisa jadi referensi yang keren

    ReplyDelete
  7. mantab ni infonya gaan.. :D
    kebetulan juga ane ada tugas tentang entrepreneur.. :D

    ReplyDelete