10 Jan 2016

Hubungan kopi - kolesterol - asam urat


Penelitian antara hubungan kopi dan kolesterol dan kopi dengan kadar asam urat sudah lama dilakukan.

Saya akan menjelaskannnya satu per satu.

Asam urat adalah produk hasil metabolisme dari purin yang diolah di hati. Purin berasal dari hasil perombakan protein. Pada seseorang dengan gout, kadar asam urat di dalam darahnya sangat tinggi. Bahan dasar yang terkandung di kopi maupun teh adalah kafein.

Berikut akan kami paparkan selengkapnya tentang kafein.

Kafein adalah golongan dari bahan kimia yang disebut dengan xantin. Xantin merangsang sistim saraf dan membuat seseorang merasa tetap waspada dan tidak dapat tidur. Xantin bukanlah purin. Kadar xantin di dalam kopi sangat rendah sehingga kontribusinya di dalam meningkatkan kadar purin yang menjadi asam urat sangat kecil. Jadi kopi tidak menaikkan kadar asam urat.

Mengenai kolesterol, beberapa penelitian yang dilakukan menunjukkan hasil bahwa kopi memang dapat meningkatkan kadar kolesterol. Kopi di dalam hal ini terutama adalah kopi yang tidak disaring (unfiltered) lebih tinggi menaikkan kolesterol di bandingkan kopi yang sudah disaring (filtered). Cafestol, komponen yang terdapat di dalam kopi dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan mengganggu metabolisme kolesterol melalui gangguan pada reseptor di usus.

Namun hal ini perlu ditelusuri lebih lanjut lagi, peningkatan kadar kolesterol ketika mengonsumsi kopi juga ditentukan berdasarkan berapa banyak kopi dikonsumsi setiap hari, apa yang menjadi pelengkap kopi (gula, krim yang dapat meningkatkan kolesterol) dan apa yang dilakukan sembari mengopi (contohnya merokok). Kombinasi dari kegiatan yang dilakukan diataslah yang semakin meningkatkan risiko peningkatan kolesterol.

Kopi yang tidak disaring memiliki efek lebih sedikit terhadap kesehatan jantung dan peningkatan kolesterol dibandingkan dengan merokok, tekanan darah tinggi, dan obesitas. Jadi apabila ingin mengurangi kolesterol bukan anda harus menghentikan kopi namun anda harus mengubah gaya hidup anda menjadi lebih sehat.

Jadi pernyataan anda yang mengatakan bahwa kopi menyebabkan pengentalan darah tidaklah benar. Sekian, semoga membantu.

Terima kasih.

0 komentar

Post a Comment