1 Dec 2015

10 tips public relation untuk startup di Asia

10 tips public relation untuk startup di Asia - Dengan dana yang tidak banyak, menggunakan taktik public relations (PR) agar startup Anda mendapat sorotan adalah salah satu metode promosi yang paling hemat biaya. Dan sebagai blogger, saya punya beberapa poin mengenai bagaimana melakukan hubungan masyarakat secara efisien yang mungkin berguna untuk rekan entrepreneur.

Berikut adalah 10 tipsnya:

1. Sebelum mempresentasikannya, pastikan produk Anda sudah siap

Kami sering menerima presentasi dari startup yang produknya masih berada dalam tahap awal. Meskipun mungkin masih ada beberapa bug kecil, tapi paling tidak fungsi utama produk tersebut harus sudah bisa bekerja. Jika tidak, bagaimana mungkin blogger bisa menguji produk Anda? Dan perlu Anda ingat bahwa Anda sebaiknya tidak mempresentasikan ide tanpa membawa produk nyatanya.

2. Usahakan presentasinya singkat

Bisakah Anda mendeskripsikan startup Anda hanya dalam beberapa kalimat? Mengapa startup Anda menarik? Jika Anda tidak bisa menjelaskannya, maka itu adalah sebuah masalah. Sebelum menulis, kami selalu menanyakan kepada diri sendiri, apa yang menarik dari berita yang kami peroleh ini? Jadi, Anda harus bisa menarik perhatian blogger. Sebuah video juga bisa sangat membantu. Layanan seperti Screenflow atau Camtasia juga berguna dan mudah digunakan. Beberapa aplikasi lain yang bisa membantu Anda juga tersedia di sini. Selain itu, jangan lupa untuk meng-uploadnya di YouTube, Vimeo, Facebook, dan juga di Youku atau Tudou (jika Anda berada di atau menargetkan pasar China). Dengan begitu, kami bisa memasang video Anda di artikel kami dengan mudah.

3. Jika produk Anda adalah tiruan versi lokal, akui itu, dan fokus pada keunggulan Anda

Untuk produk tiruan, katakan pada blogger bahwa Anda membuat produk yang mirip dengan produk lain di luar sana (lagipula Anda tidak mungkin menyembunyikannya). Fokuslah pada keunggulan Anda. Jelaskan mengapa produk versi lokal Anda bisa masuk ke pasar dan mencapai sukses. Hal yang seperti itu juga bisa dikatakan inovasi dan banyak blogger yang akan tertarik dengan cara pandang Anda.

4. Balas pertanyaan dari jurnalis secepatnya

Ini akan membantu penulis bekerja lebih cepat dan tidak harus menunggu Anda membalas email yang mereka kirimkan. Jika Anda menunda membalas email dari penulis, email Anda sendiri nantinya akan terkubur di bawah email dari startup lainnya, dan blogger kemudian akan lupa mengenai startup Anda. Singkatnya, Anda harus membuat para penulis tetap tertarik dengan memberikan apa yang mereka inginkan secepat mungkin. Selain Anda mendapat sorotan nantinya, pekerjaan penulis menjadi lebih mudah.

5. Membangun hubungan dengan blogger

Hal terburuk yang mungkin Anda lakukan adalah memperlakukan blogger seperti mesin pembuat konten. Founder yang cerdas paham bahwa membangun hubungan dengan blogger bisa menghasilkan keajaiban. Membangun hubungan dengan blogger bisa meningkatkan peluang Anda akan diliput, dan jika Anda berteman dengan blogger, maka blogger tersebut akan lebih mengenal perusahaan dan pemikiran Anda. Dan jika mereka tahu mereka bisa dengan mudah menghubungi dan meminta informasi dari Anda, maka mereka akan merasa lebih nyaman untuk menulis cerita tentang perusahaan Anda.

6. Jika memungkinkan, temui mereka

Poin ini mirip dengan poin sebelumnya. Tapi, saya memisahkan yang satu ini untuk memberikan penekanan lebih. Jika Anda adalah founder startup, cobalah bertemu langsung dengan blogger. Bertemu langsung akan membawa hubungan Anda ke tingkat yang lebih baik dan membantu Anda lebih mengenali blogger tersebut, baik kriteria liputannya maupun pribadinya. Jika memungkinkan, cobalah terhubung melalui media sosial atau Skype/telepon.

7. Cintai blog besar DAN blog kecil

Tidak masalah jika Anda sangat ingin dan berusaha untuk diliput oleh blog besar di barat. Tapi jika Anda sadar, startup di Asia jarang diliput di sana. Selagi Anda terus memberikan berita kepada mereka, perhatikan juga blog di Asia (berikut adalah daftarnya). Lagipula, dengan menghubungi blog Asia, Anda juga membangun network Anda – dan semakin banyak blog yang Anda hubungi, semakin bagus. Selain itu, blog di Asia punya pembaca yang cocok dengan pasar yang dicari startup di Asia. Dan investor atau calon pengguna mungkin saja tertarik ketika mereka melihat startup Anda diliput di berbagai blog.

8. Pastikan blogger tetap up to date mengenai startup Anda

Kebanyakan startup menghilang setelah diliput oleh blog kami. Founder yang cerdas akan terus melanjutkan hubungannya dengan blogger dengan terus memberikan update terbaru dari startup-nya. Intinya, teruslah memberikan update yang menarik kepada blogger. Untuk mengetahui berita seperti apa yang menarik bagi blogger.

9. Membuat halaman profil, FAQ, atau media yang solid

Tulislah sebuah halaman FAQ (Frequently Asked Question) sehingga Anda bisa merujuk orang-orang ke halaman tersebut daripada harus menjawab pertanyaan yang sama berkali-kali. Halaman profil perusahaan yang bagus bisa memberitahukan orang-orang siapa saja anggota tim Anda dan sejarah singkat startup Anda. Screenshot yang bagus juga sangat disenangi.

10. Buat press release Anda mudah dipahami

Jika Anda mempresentasikan startup atau produk Anda ke blog berbahasa Inggris, buat informasi mengenai perusahaan Anda tersedia (atau malah sejak awal) dalam bahasa Inggris. Selain itu, buat press release Anda di satu tempat di situs Anda dalam format HTML sehingga orang-orang bisa langsung menggunakannya. Tidak ada orang yang mau mendapatkan file Word atau PDF.

Jika Anda punya beberapa tips tambahan, jangan sungkan untuk mencantumkannya di kolom komentar di bawah

Sumber: techinasia